Ketua PCNU & Pimpinan Babussalam Bergelar Magister

Babussalam.or.id – beberapa tahun lebih, Pengasuh dan juga selaku Ketua PCNU Kab. Jombang  H. M. Salmanudin Yazid,M.Pd. akhirnya memiliki gelar Strata-2 (S2) di Fakultas Manjemen Pendidikan Islam di Unhasy Tebuireng Jombang.

Gelar tinggi pendidikan yang dicapai Gus Salman tak lain berkat dukungan dari sang Istri, Hj. Ema Erfina,M.P.I. Beliau pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Allah SWT dan juga istri tercinta.

Gus Salman yang mengambil Tesis berjudul “Implementasi Integrasi Kurikulum Madrasah & Pondok Pesantren  (Studi Kasus Pondok Pesantren Babussalam Kalibening-Jombang)’ itu lulus dengan nilai sangat memuaskan. Beliau pun resmi di wisuda di Gedung Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Bandung, Selasa (5/11/2017).

“Setelah 19 tahun lalu saya wisuda S1, sekarang saya wisuda S2. Kalian harus tahu, tesis saya, tesis yang menggambarkan bahwa saya harus mengevaluasi kebijakan Pesantren serta image Pesantren itu sendiri,” kata Gus Salman usai diwisuda.

“Jadi saya meneliti apa yang terjadi di pesantren kami di Babussalam. Sebagai peneliti saya harus independen melihat fakta-fakta di sana dan saya melihat ada celah kelemahan-kelemahan pada pesantren maupun di madrasah sendiri sehingga harus ada perencanaan penggabungan kurikulum yang matang, dari situ banyak rekomendasi yang harus ditindak lanjuti oleh Gus Salman selaku Pengasuh dan juga selaku Ketua PCNU Jombang juga bahwa kebijakan kurikulum pesantren harus ada evaluasi dan berani membuat solusi baru,” lanjut gus salman.

Setelah menyelesaikan S2, Gus Salman menyebut tengah konsultasi untuk segera melanjutkan pendidikan Strata-3 (S3) atau gelar doktornya. Sebelumnya, Gus Salman menyelesaikan gelar sarjananya di IKAHA Tebuireng Jombang dengan gelar Sarjana Agama. Kini, gelarnya bertambah menjadi Magister Pendidikan Islam.