KEMANDIRIAN SANTRI UNTUK INDONESIA

              Santri Mandiri, NKRI Hebat adalah tema yang diusung Hari Santri pada tahun ini. Peringatan Hari Santri Nasioanal Secara spesifik untuk memperkukuh berbagai tradisi intelektual dan pewarisan budaya pesantren/madrasah yang menjadi sub-sistem tradisi sangat memungkinkan untuk melakukan akulturasi-moderat dalam sistem perkembangan sosial budaya. Bahkan proses transformasi khasanah klasik (salaf) sendiri memberikan inspirasi pranata nilai yang secara konstruktif mampu menjadi alternatif untuk membaca transisi budaya. Kuntowijoyo menggambarkan perumusan ini menjadi resolusi transformasi terhadap nilai tradisi santri menuju arah keterbukaan dan toleransi terhadap perubahan zaman dan pluralisme kebudayaan dalam akar kebangsaan. Proses ini dalam pandangan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) semakin memperkokoh potensi kultur pesantren/madrasah dan santri untuk menjadi sub kultur maupun sub struktur dari sistem kebudayaan nasional. Untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai tersebut diatas Pengurus Zona 1 BKMS MTs Kabupaten Jombang menyelenggarakan Kegiatan Perkemahan Regu Penggalan Se-Kabupaten Jombang, Selain itu juga untuk mengetahui kesiapan mental dan keberanian siswa dalam untuk diri dan tampil di depan umum sebagai persiapan untuk diterjunkan kemasyarakat. Kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk memupuk jiwa kebersamaan, kekeluargaan, kepedulian terhadap sesama, religius, disiplin, tangguh, mandiri, bertanggung jawab, patriotisme, nasionalisme dan lain-lain.

              Tujuan Kegiatan Perkemahan Regu Pengalang se-Kabupaten Jombang ini bertujuan : Tujuan Secara umum adalah untuk: 1) Membangun kesadaran kolektif kebangsaan dan membumikan budaya santri dalam proses pembangunan. 2) Mengintegrasikan secara strategis sosio-struktur santri dalam mengembangkan tradisi yang konstruktif untuk identitas kebudayaan bangsa. 3) Menjaga konsistensi tradisi dengan menumbuhkan kesadaran yang tinggi dalam berkebangsaan dan ber-Indonesia. 4) Memupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan antar siswa dan antara guru dan siswa 5) Menanamkan mental tangguh, dan tampil di depan umum yang lebih baik. 6) Menanamkan jiwa religius terhadap Allah Subhanahuwata’ala dengan mempelajari ajaran agama Islam. 7) Meningkatkan jiwa kemandirian, kompetisi dan sportifitas peserta didik, kegiatan ini ditutup dengan acara pawai berjalan kaki Start Babussalam – Wonoayu – Kemodo – Kedunglumpang – finish kembali ke Bumi Babussalam.

               Tujuan Secara khusus adalah untuk : 1)  Terselenggaranya peringatan Hari Besar Islam Hari Santri Nasional. 2) Mengharapkan adanya regulasi formal Hari Besar Islam Hari Santri Nasional menjadi bagian integral sebagai peringatan Hari Besar Nasional dengan memperkuat identitas santri. 3) Mengembangkan pranata nilai budaya santri menjadi sub-sistem kebudayaan nasional.
Peserta Kegiatan “Perkemahan Regu Pengalang Se. Kabupaten Jombang adalah seluruh MTs Swasta Se-Kabupaten Jombang sebanyak kurang lebih 1.100 peserta didik dari beberapa MTs zona 1 Jombang, peserta sendiri diambil dari madrasah dengan ketentuan, terdiri dari:

1. Setiap Kontingen mengirim 1 Regu Penggalang Putra dan 1 Regu Penggalang Putri.

2. Setiap Regu terdiri dari minimal 10 Orang yang termasuk Pinru dan Wapinru.

3. Setiap Kontingen di damping oleh maksimal 2 Orang Pembina Pendamping Putra dan 2 Orang Pembina       Pendamping Putri.
Waktu dan Tempat Kegiatan Hari : Kamis-Sabtu

Tanggal : 19-21 Oktober 2017

Waktu : 07.00-Selesai

Tempat : Bumi Perkemahan MTs. Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang
Jenis Perlombaan meliputi :
1. Bidang Olah raga Permainan :

a. Bola voli (Pa/Pi)

b. Bola Futsal (Pa)

c. Tenis Meja (Pa/Pi)

d. Catur (Pa/Pi)

Atletik : a. Lari 100 M (Pa/Pi) b. Lari 400 M (Pa/Pi) c. Lompat Jauh (Pa/Pi) d. Tolak Peluru (Pa/Pi).
2. Bidang Kesenian

a. Pidato Bahasa Indonesia (Pildacil/Ceramah) (Pa/Pi)

b. Pidato Bahasa Inggris (Pa/Pi)

c. Pidato Bahasa Arab (Pa/Pi)

d. Karaoke Lagu Relegius/ Qosidah Ori ( Pi )

e. Sholawat Al-Banjari ( Group )

f. Kaligrafi (Pa/Pi)

g. MTQ (Pa/Pi)

h. MHQ Juz 30 (Pa/Pi)

i. Pawai santri /Karnaval ( Group )

j. Bazar / Pameran Ketrampilan Siswa Madrasah ( Group ).
3. Bidang Kepramukaan

a. PBB beserta Yel-yel ( Group )

b. Hias Tenda dan Kekompakan Regu