NU DI HATI GUS SALMAN

Pengasuh Babussalam
KH Salmanudin (Gus Salman) menyampaikan sambutan setelah dinyatakan terpilih sebagai Ketua PCNU Kabupaten Jombang, Senin (24/4/2017) dini hari. Foto : FaktualNews/Syarif Abdurrahman

Babussalam.or.id, Duet KH Abdul Nashir Fattah-KH Salmanuddin akhirnya terpilih menjadi Rais Syuriah-Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Jombang periode 2017-2022. Dua nama kiai ini terpilih berdasarkan hasil Konfercab (Konferensi cabang) NU Kabupaten Jombang di Ponpes (Pondok Pesantren) Tebuireng, Senin (23/4/17) Dini hari.

Terpilihnya dua kiai kharismatik di Kabupaten Jombang ini sudah diprediksi sebelumnya. Pasalnya mayoritas pimpinan NU Jombang baik di tingkat cabang, hingga ranting menghendaki dua tokoh itu memimpin NU Jombang lima tahun ke depan (2017-2022).

Kesepakatan itu diambil setelah melalui dua kali tahap pemilihan. Tahap pertama penjaringan calon Ketua Tahfidziyah yang memunculkan empat nama teratas, yaitu KH Salmanudin (177 suara), H Basyarudin (96 suara), Munif Khusnan (8 suara) dan KH Junaidi Hidayat (11 suara). Penjaringan ini dilakukan dengan cara pemungutan suara dari MWC dan Ranting NU se-Jombang.

Keempat nama teratas itu lalu diusulkan kepada Rois Syuriah terpilih, KH Abdul Nasir Fattah dengan didampingi tim AHWA (Ahlul Halli Wal Aqdi) yaitu KH Wazir Ali, KH Cholil Dahlan, KH Taufiqurrahman Muhidz dan Kiai Isrofil Amar.

Keempat calon tersebut mendapat restu dari KH Abdul Nashir Fattah untuk mengikuti pemilihan Ketua Tanfidziyah.

Namun, pada tahap kedua, KH Junaidi Hidayat mengundurkan diri. Praktis hanya ada 3 calon yang berhak maju untuk pemilihan selanjutnya.

Setelah dilakukan pemungutan suara kembali, untuk kedua kalinya KH. Salmanudin kembali unggul dengan perolehan 188 suara, sedangkan H Basyarudin 100 suara dan Munif Khusnan tetap 8 suara.

Dengan demikian, KH Salmanudin (Gus Salman) kemudian ditetapkan oleh forum sebagai Ketua Tanfidziyah terpilih.

“Selamat kepada Gus Salman yang telah resmi menjadi Tahfidziyah NU Jombang dan terimaksih kepada semua pihak terutama panitia yang sudah menyiapkan acara,” ujar Munif Khusnan, Ketua Panitia Konfercab 2017.

Sementara itu, Tahfidziyah NU Jombang terpilih, KH Salmanudin dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam membangun NU Jombang kedepan.

Ia juga berharap pengabdian di NU nanti diakui sebagai amal dan dimasukkan kedalam barisan santri KH Hasyim Asy’ari.

“Mari kita bekerjasama membesarkan NU dan semoga kita semua diakui santri oleh KH Hasyim Asyari,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gus Salman juga mengatakan jika amanat yang dibawanya sangatlah besar. Butuh dukungan dari semua warga NU untuk membesarkan NU Jombang.”Kami meminta dukungan semua pihak,”

Sumber:

http://faktualnews.com/kh-abdul-nashir-fattah-kh-salmanudin-pimpin-nu-jombang-2017-2022-begini-peta-dukungannya/